Manfaat Zikir Untuk Menghilangkan Kesedihan




Hmm, dengar kajian audionya Radio Rodja tentang manfaat zikir untuk menghilangkan kesedihan. Manusia dari satu waktu ke waktu yang lain pasti akan mendapatkan kesedihan. Tidak ada manusia yang senantiasa senang tanpa ada kesedihan dalam kehidupannya. Terkadang kita diuji oleh Allah dengan ujian yang membuat hati kita resah, gundah bahkan rasa sedih itu menjadi duka yang terus menerus.
Dan jika kita memperhatikan tentang cara menghilangkan kesedihan tersebut, duka nestapa yg menimpa seseorang, kita akan dapati bahwa manusia dalam usaha untuk menghilangkan sedih, menempuh cara yg berbeda-beda. 
Ketahuilah, sebenarnya tidak ada solusi dalam menghadapi kesedihan kecuali dengan kembali kepada Allah swt, dgn mengingat Allah, pengagungan, memenuhi hati ini dengan tauhid kepadaNya dan benar-benar menunjukkan rasa butuh, rasa rendah dan hina dihadapan Allah SWT, maka kesedihan akan hilang seluruhnya, tidak tertinggal sama sekali. Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan, kenapa? Jawabannya karena Allah sudah menjanjikan akan hal itu. "Barang siapa yang berzikir kepada Allah SWT maka hatinya akan tenang". Seluruh kesedihan, kegundahan akan hilang tatkala kita mengagungkan Allah, memenuhi hati kita dengan keimanan. Karena dengan berzikir datanglah ketenangan dalam hati. Dan orang2 yang beriman kepada Allah SWT dan hati2 mereka tenang tentram dengan mengingat Allah SWT.
Ketahuilah dengan mengingat Allah SWT, hati akan menjadi tenang. Karenanya tenangnya hati, sirnanya sedih dan gundah hanya bisa diperoleh dengan zikir, mengagungkan Allah dan memenuhi hati ini dengan beriman. Jelas bahwa, zikir merupakan obat untuk menghilangkan kesedihan.
Doa yang diucapkan oleh Nabi Yunus As, tatkala ia ditelan oleh ikan paus dalam perut ikan paus, dalam kondisi yang sangat genting, dalam kegelapan malam, kegelapan lautan. Saat itu Nabi Yunus berdoa:
Sesungguhnya tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah SWT, Maha Suci Engkau Ya Allah, Sesungguhnya aku termasuk kedalam orang-orang yang berbuat kezaliman.
Sesungguhnya tidak ada seorang muslimpun yang mengucapkan doa ini, dalam perkara apa saja, melainkan Allah akan mengabulkan doanya.
Jika seseorang berzikir sambil merenungkan, menghayati dan memahami maknanya, niscaya tidak akan tertinggal dalam hatinya sedikitpun kesedihan, kesempitan, dadanya akan menjadi lapang, hatinya akan menjadi tentram, tapi dengan syarat dia berusaha mengucapkannya sambil berusaha memahami maknanya dan mewujudkan konsekuensi dari zikir tersebut karena zikir ini merupakan obat bagi hati kita.
Jika seseorang mengucapkan zikir yang telah diajarkan oleh Rasulullah, namun tanpa ilmu dan mengetahui maknanya, tanpa berusaha mengetahui fikih dari zikir tersebut, tentunya pengaruh dari zikir akan lemah dan faedahnyapun menjadi sedikit. Karenanya berusaha untuk memahami maksud dari zikir adalah hal penting. Banyak diantara kita yang paham dan senang berzikir, yang jadi masalah tatkala mengucapkannya tidak merenungkan maknanya dan tidak menghayati isi dari zikir2 tersebut sehingga lemahlah pengaruh dari zikir-zikir tadi. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi semua pembaca, terutama pengingat untuk diri ketika saya bersedih. Yuk berzikir,, agar hati kita menjadi tenang..:). Oya, lebih lengkapnya, dengar langsung aja di Radio Rodja..:)

2 comments:

  1. Subhanallah
    Semoga kita semua dikumpulkan dengan orang2 ygs enantiasa mengingat Allah

    ReplyDelete